Sejarah

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Delapan Universitas Mercu Buana Dahulunya Adalah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Palang Merah Indonesia Universitas Wangsa Manggala di dirikan di kota budaya, kota pendidikan dan kota pariwisata tentunya Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdirinya KSR PMI UNWAMA Yogyakarta, pertama kali berdasarkan ide dan gagasan beberapa civitas akademika yang mempunyai keinginan untuk menyebarkan dan mengembangkan misi kemanusiaan di lingkungan Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta dan masyarakat sekitarnya. Keinginan dan gagasan tersebut muncul kesadaran dan rasa tanggung jawab dalam membantu sesama umat manusia tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, dan warna kulit.

Untuk mewujudkan gagasan dan ide tersebut maka diadakan pembicaraan yang mendalam dan serius. Adapun anggota pertemuan itu antara lain Andre, : Bambang Pujiono dan Pijarto (karyawan UNWAMA), Hartadi, Edi Prayitno, dan Eri Tjahjono (anggota Menwa), Ign. Koesbandoro Wibowo, Daryoto, Ibnu Rudita dkk (anggota Mahapala), seluruhnya merupakan mahasiswa Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta. Adapun UKM di Universitasa Wangsa Manggala pada saat itu baru Mahapala dan Menwa. Dari hasil pembicaraan tersebut kemudian mereka mengutus Ign. K. Wibowo dan Ibnu Rudita untuk mencari informasi mengenai KSR PMI di PMI cabang Kota Yogyakarta dan persyaratan untuk bergabung.

Kebetulan pada waktu itu urusan mengenai pemeriksaaan kesehatan dan pengobatan ada di Poliklinik yang dikepalai oleh dr. Bambang Budiono Surohusodo, MS. Maka beliau sebagai seorang dokter juga merasa terpanggil untuk mensosialisasikan misi kesehatan dilingkungan Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.

Melalui surat rekomendasi dari dr. Bambang Budiono S., MS kepada dr. Adam Suyadi (Ketua PMI Cabang Kotamadya Yogyakarta) yang kebetulan teman dekat beliau, maka dengan tekat bulat mereka mendaftarkan diri untuk bergabung dengan KSR PMI. Setelah melalui tahap yang begitu lama dan melelahkan selama mengikuti pendidikan dan latihan selama ± 1 tahun, akhirnya harapan mereka terwujud dengan dilantik dan dikukuhkan di KSR PMI Unit I Markas cabang Kotamadya Yogyakarta sebanyak 10 orang.

Dengan ditandai hasil rapat koordinator Pemilihan Pengurus pada tanggal 23 Juni 1993, maka dibentuklah Susunan Pengurus KSR PMI UNWAMA Periode I dan juga ternyata berhasil membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia dengan keluarnya Surat Keputusan Rektor Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta bernomor : 215/SK/Rek/VII/93 tertanggal 01 Juli 1993.

Adanya Surat Keputusan Rektor Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta, maka perjalanan dan kisah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Wangsa manggala Yogyakarta dimulai dalam menjalankan misi Kemanusiaan. Maka sejak saat itu setiap tanggal 01 Juli diperingati sebagai “Hari Ulang Tahun Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta”

Dengan berubahnya nama Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, berdasar SK Yayasan Tanggal: 5 april 2008, maka kami selaku UKM dilingkungan Universitas juga segera merubah nama sesuai dengan aturan organisasi.

Berdasarkan keputusan Hasil sidang Istimewa UKM KSR PMI, tanggal 11 juni 2008, maka UKM KSR PMI Unit UNWAMA Yogyakarta berubah nama menjadi UKM KSR PMI Unit UMB Yogyakarta.

Jika ada informasi yang diluruskan bisa hubungi kami, informasi ini bersumber dari blog : ksrumby.blogspot.co.id